Senin, 07 Januari 2008

B-10 MENEMPUH DAN MENYELESAIKAN PENDIDIKAN AGAMA

Setelah beberapa waktu tinggal di Baghdad Syarif, al Ghauts al A'zham Syekh Abdul Qadir al Jilani RA mengikuti pendidikan di Jamiah Nizhamiyyah yang tersohor, yang merupakan pusat pendidikan dan ilmu kerohanian di dunia Islam. Ulama ternama dan orang saleh mengajar disini.
Syekh Abdul Qadir al Jilani RA menuntut ilmu dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan. Diantara guru beliau adalah Abul Wafa Ali bin Aqil, Abu Zakariyya Yahya bin Ali at Tabrizi, Abu Said bin Abdul Karim, Abul Ana'im Muhammad bin Ali bin Muhammad, Abu Said bin Mubarak al Makhzumi dan Abul Khair Hammad bin Muslim ad Dabbas RA. Beliau memperoleh ilmu qiraat, tafsir, hadits, fikih, syariat dan tarekat dari ulama yang telah disebutkan diatas.
Beliau menjadi pakar di semua bidang keilmuan ini. Di bidang adab, guru beliau adalah Allamah Abu Zakariyya at Tabrizi RA yang merupakan seorang alim besar pada masa itu. Gurunya ini juga adalah penyusun beberapa kitab terkenal, seperti Tafsirul Quran wal I'rab, Syarah Qasha'idul Asyr dan Syarah Diwan Abu Tamam. Dalam bidang fikih dan ushul fikih, guru guru beliau adalah Syekh Abul Wafa bin Aqil al Hanbali, Abul Hasan Muhammad bin Qadhi Abul Ula, Syekh Abul Khathab Mahfudz al Hanbali dan Qadhi Abu Said al Mubarak bin Ali al Makhzumi al Hanbali RA.
Dalam bidang hadits, beliau menerima ilmu dari ulama berikut ini ; Sayyid Abul Barakat Thlhah al Aquli, Abul Ana'im Muhammad bin Ali bin Maimun al Farsi, Abu Utsman Ismail bin Muhammad al Ishbihani, Abu Ghalib Muhammad bin Hasan al Baqillani, Abu Muhammad Jafar bin Ahmad bin al Husaini, Sayyid Muhammad Mukhtar al Hasyimi, Sayyid Abu Manshur Abdur Rahman al Qaz'az dan Abul Qasim Ali bin Ahmad Ban'an al Karghi. Setelah menempuh pendidikan dengan tekun, Syekh Abdul Qadir al Jilani RA lulus dari Jamiah Nizhamiyyah. Pada masa itu, tidak ada satupun alim di muka bumi yang lebih faqih dan saleh dibandingkan Syekh Abdul Qadir al Jilani RA.

Tidak ada komentar: