Senin, 07 Januari 2008

B-31 SEKILAS ANAK ANAK BELIAU

Sayyid Syekh Abdul Wahhab RA
adalah putra sulung Syekh Abdul Qadir al Jilani RA. Dia lahir pada Sya'ban 523 H di Baghdad, meninggal pada Sya'ban 593 H, dimakamkan di Baghdad. Dia mencapai kepakaran dalam ilmu hadits, fiqh, dan lain lain dari sang ayah. Dia juga merantau untuk belajar ilmu pengobatan kuno. Pada usia 20, dia mulai mengajarkan Islam di bawah pengawasan ayahnya. Setelah wafat Syekh Abdul Qadir al Jilani RA, dia meneruskan memberi pelajaran dan mengeluarkan fatwa. Banyak orang dari pelbagai penjuru yang memperoleh manfaat dari ajaran dan didikannya. Dari seluruh saudaranya, dialah yang paling saleh dan cendekia, dialah pewaris sejati al Ghauts al A'zham RA. Dia banyak menulis kitab, termasuk dalam bidang tasawwuf. Dia juga merupakan ulama besar dan ahli fiqh terpandang di zamannya. Di antara kitab hasil karyanya adalah Jawahirul Asrar dan Latha'iful Anwar.

Sayyid Syekh Isa
dia juga adalah orang yang sangat cerdas dan saleh. Dia memperoleh semua pendidikannya dari sang ayah. Beliau adalah pakar hadits dan fiqh dan ahli di bidang hokum Islam. Dia juga adalah seorang penulis hebat. Dia banyak membuat karya puisi mistik tentang kecintaan terhadap Allah dan Rasul-Nya SAW.

Sayyid Syekh Abdur Razzaq RA
beliau lahir pada 18 Dzil Qa'dah 528 H. dia juga memperoleh didikan dari ayahnya. Selain ahli dalam bidang hadits dan fiqh, dia juga jago debat. Dia adalah seorang Hafizul Hadits dan seorang pakar fiqh. Kebaikan hati, kedermawanan, dan kerendahan hatinya sangat terkenal di Baghdad. Dia biasa menjauhi keramaian orang, karena lebih menyukai keheningan bersama Allah. Namun demikian, dia sangat mencintai para penuntut ilmu yang haus akan Din. Dia meninggal pada Sabtu, 7 Syawwal 613 H di Baghdad. Pelayat yang ingin mensalati janazah Sayyid Abdur Razzaq RA luar biasa banyak, sehingga tidak ada lagi ruang tersisa di Kota Baghdad. Salat janazah harus diadakan di luar kota Baghdad agar semua orang dapat ikut mensalatinya. Salat harus dilaksanakan di beberapa tempat berbeda supaya semua orang mendapat kesempatan.

Sayyid Syekh Abu Bakr
lahir pada tanggal 28 Syawwal 536 H dan meninggal pada 28 Rabiul Awwal 603 H. dia adalah seorang ahli ibadah dan sufi besar. Banyak diantara ulama besar yang menjadi muridnya. Dia pindah ke sebuah daerah bernama Jibal pada 570 H dan keturunannya masih ada di tempat itu hingga hari ini.

Sayyid Syekh Yahya
Syekh Abdul Wahhab RA mengisahkan, 'Suatu kali ayahku jatuh sakit yang amat parah, sehingga kami khawatir bahwa kepergian beliau sudah dekat. Namun beliau berkata, 'Jangan cemas. Aku belum akan pergi sekarang. Aku akan baik baik saja. Masih ada Yahya di shulbi-ku. Kelahirannya dibutuhkan'. Kami mengira oleh karena sakit yang parah, beliau mengigau, sehingga kami tidak memperhatikan perkataan tersebut. Setelah beberapa waktu, beliau sembuh dan saudara kami Yahya lahir'. Sayyid Yahya RA lahir pada 550 H dan meninggal 600 H. Dia dimakamkan disamping kakaknya, Syekh Abdul Wahhab RA di Musafir Khana (Wisma Tamu) Syekh Abdul Qadir al Jilani RA.

Tidak ada komentar: