Senin, 07 Januari 2008

B-34 KITAB DAN RISALAH BELIAU

Al Ghauts al A'zham RA juga adalah penulis banyak kitab dalam pelbagai bidang. Karya karya beliau dipenuhi samudera ilmu, kebijaksanaan, kewaskitaan. Dua kitab beliau yang paling terkenal adalah al Ghunyah dan Futuh al Ghaib. Selain kedua kitab ini, banyak ulama terkemukan yang mengikuti pengajian beliau telah mencatat ajaran beliau. Banyak dari catatan ini yang masih lestari dalam susunan aslinya hingga hari ini, yang terdapat di pelbagai belahan dunia.
Kitab kitab utama beliau, juga kumpulan ajaran beliau adalah :
Al Ghunyah li Thalib Thariq al Haqq (Bekal bagi Penempuh Jalan al Haqq)
Kitab ini adalah sebuah penjelasan komprehensif tentang Arkan al Iman (Pokok Pokok Keimanan), Arkan al Islam (Pokok Pokok Islam) dan Ihsan (Kesempurnaan Spiritual). Karya ini adalah kitab mengenai fiqih Hanbali dengan pendekatan khusus kepada salat. Karya ini tidak boleh dilewatkan bagi siapa saja yang ingin melakukan tabligh juga amr bi al ma'ruf wa nahyu anil munkar.
Futuh al Ghaib (Penyingkap Keghaiban), sebuah kumpulan 78 ceramah beliau.
Al Fath ar Rabbaniy (Penyingkap Rahasia Ilahiy).
Kitab ini adalah kumpulan 72 ceramah, pesan utamanya adalah untuk meningkatkan diri kepada ketinggian spiritual, juga untuk mengajak anda membaktikan seluruh hidup dalam penghambaan kepada Allah, hanya semata untuk mendapat ridha-Nya dan Qurb (kedekatan) dengan-Nya, tanpa mengharapkan ganjaran apa pun di dunia nanti. Dalam wacana wacana ini, beliau memperingatkan kaum munafiqin yang melalaikan agama dan takut kepada raja raja dan penguasa demi keuntungan duniawi.
Jila' al Khathir (Penyucian Pikiran), sebuah kumpulan 45 ceramah.
Sirr al Asrar (Rahasia Maha Rahasia), kitab ini menerangkan hal hal berkenaan dengan syariat, tarekat, haqiqi ma'rifat dan tasawwuf.
Malfuzhat (Kumpulan Percakapan dan Ujaran)
Khamsata Asyara Maktuban, karya ini tertulis dalam bahasa Persia dan diterjemahkan kedalam bahasa Arab oleh Ali bin Husam ad Din al Muttaqi (w. 977 H/1569 M)
Nasehat utama beliau tentang sifat sifat yang menjadi dasar utama tasawwuf, yaitu :
Sakha (kedermawanan) Nabi Ibrahim AS
Ridha (rela atas segala keputusan Allah) Nabi Ishaq AS
Shabr (kesabaran) Nabi Ayyub AS
Isyarah (pengajaran simbolik) Nabi Zakariyya AS
Ghurbah (hidup seolah olah dalam keterasingan) Nabi Yusuf AS
Lubs ash Shuf (mengenakan jubah sufi) Nabi Yahya AS
Siyahah (pengembaraan) Nabi Isa AS
Faqr (kemiskinan duniawi dan kekayaan ruhani) Nabiyyuna wa Habibuna wa Syafiuna Muhammad SAAW

Tidak ada komentar: