Senin, 07 Januari 2008

B-1 LATAR BELAKANG

NAMA BELIAU
Beliau bernama Abdul Qadir. Nama kunyah beliau Abu Muhammad. Beliau terkenal dengan gelar Muhyi ad Din, al Ghauts al A'zham, Sulthanul Awliya, Ghauts al Pak. Beliau merupakan keturunan Nabi Muhammad SAAW, baik dari garis ibu beliau (al Husaini) maupun garis ayah (al Hasani). Imam Hasan dan Imam Husain RA merupakan cucu Nabi Muhammad SAAW. Ayah beliau adalah Sayyid Abu Shalih Musa RA dan ibu beliau Sayyidah Ummu al Khair Fathimah RDA.

TEMPAT KELAHIRAN
Menurut riwayat yang sahih, Sayyid al Ghauts al A'zham Abdul Qadir al Jilani RA dilahirkan di sebuah tempat bernama Nif, yang terletak di Jilan (Persia). Menurut Imam Yaqut Hamwi RA, Syekh Abdul Qadir al Jilani RA lahir di sebuah tempat yang bernama Basytir. Sebagian besar sejarawan sepakat bahwa Nif dan Basytir adalah dua nama yang berbeda untuk sebuah tempat yang sama. Oleh karena beliau dilahirkan di Jilan, al Ghauts al A'zham Syekh Abdul Qadir RA dikenal dengan sebutan al Jilani. Sehubungan dengan kelahiran beliau, al Ghauts al A'zham RA sendiri memberi pernyataan dalam karyanya Qashidah Ghautsiyyah, sebagai berikut ; 'Aku adalah seorang penduduk Jil dan namaku adalah Muhyi ad Din dan panji keagunganku menancap kokoh di atas gunung gunung'.

SILSILAH BELIAU
Silsilah beliau bersumber dari Khalifah Sayyid Ali al Murtadha RA melalui ayah beliau, sepanjang 14 generasi dan melalui ibu beliau sepanjang 12 generasi. Syekh Sayyid Abdur Rahman Jami RA memberi komentar mengenai asal usul al Ghauts al A'zham RA sebagai berikut ; 'Beliau adalah seorang sultan yang agung, yang dikenal sebagai al Ghauts al A'zham. Beliau mendapat gelar sayyid dari silsilah kedua orangtua beliau, Hasani dari sang ayah dan Husaini dari sang ibu'. Silsilah keluarga beliau adalah sebagai berikut :

(Keterangan : A berarti garis dari al Husain, sedangkan B berarti garis dari al Hasan)

Sayyid Rasulullah SAAW
Sayyidatun Nisa Fathimah Zahra
Sayyid Ali al Murtadha RA

A1. Syahid al Karbala Imam Husain RA
B1. Sayyid Imam Hasan
A2. Sayyid Imam Zainul Abidin RA
B2. Sayyid Hasan Matsni
A3. Imam Muhammad Baqir RA
B3. Sayyid Abdul Mahdh
A4. Sayyid Imam Ja'far Shadiq RA
B4. Sayyid Musa al Jun
A5. Sayyid Imam Musa Kazhim RA
B5. Sayyid Abdullah Tsani
A6. Sayyid Syekh Ali Raza RA
B6. Sayyid Musa Tsani
A7. Sayyid Abu Ala'uddin RA
B7. Sayyid Dawud
A8. Sayyid Kamaluddin Isa RA
B8. Sayyid Muhammad
A9. Sayyid Abul Atha' Abdullah RA
B9. Sayyid Yahya az Zahid
A10. Syekh Sayyid Mahmud RA
B10. Sayyid Abu Abdillah
A11. Sayyid Muhammad
B11. Sayyid Abu Shalih Musa (ayah)
A12. Sayyid Abu Jamal
A13. Sayyid Abdullah Sum'i
A14. Sayyidah Ummu al Khair Fathimah (ibu)
Sayyid Muhyi ad Din Abu Muhammad Abdul Qadir al Jilani RA

Tidak ada komentar: