Senin, 07 Januari 2008

B-3 PENGABARAN PENGABARAN KELAHIRAN

SYAIKH AL MASYAIKH, SAYYID JUNAID AL BAGHDADI RA
Da hidup 200 tahun sebelum kelahiran al Ghauts al A'zham Syekh Abdul Qadir al Jilani RA dan telah mengabarkan kelahiran beliau sebagaimana dikisahkan berikut ini. Suatu ketika, Syekh Junaid al Baghdaddi RA berada dalam kondisi ekstase ruhani, dia berujar, 'Kakinya diatas tengkukku, kakinya diatas tengkukku!'. Setelah dia pulih dari kondisi ruhani ini, murid muridnya menanyainya mengenai perkataan itu. Dia berkata, 'Aku diberitahu bahwa seorang wali besar akan lahir di penghujung abad kelima (hijriyah). Dia akan diberi nama Abdul Qadir dan akan bergelar Muhyi ad Din, dia akan lahir di Jilan dan akan bermukim di Baghdad. Suatu hari nanti, atas perintah Allah, dia akan berkata, 'Kakiku ada diatas tengkuk semua awliya Allah!. Saat aku berada dalam kondisi ruhani tadi, aku melihat keagungannya dan kata kataku tadi kuucapkan begitu saja, tanpa dapat kukendalikan!.'

IMAM HASAN ASKARI RA
Syekh Abu Muhammad RA menyatakan bahwa sebelum wafatnya, Imam Hasan Askari RA menyerahkan jubahnya kepada Sayyid Imam Ma'ruf al Kurkhi RA dan memintanya menyampaikannya pada al Ghauts al A'zham Syekh Abdul Qadir al Jilani RA. Syekh Imam Ma'ruf al Kurkhi RA menyerahkan jubah itu kepada Sayyid Junaid al Baghdadi RA yang kemudian menyerahkannya kepada Syekh Danuri RA. Darinya, jubah itu kemudian diwariskan turun temurun hingga sampai ke tangan Syekh Abdul Qadir al Jilani RA pada tahun 497 H (Makhzanul Qadiriyyah)

SYEKH ABU BAKR BIN HAWWAR RA
Dia hidup sebelum masa al Ghauts al A'zham RA dan merupakan salah satu masyaikh terpandang di Baghdad. Suatu ketika, saat duduk di majelisnya, dia berkata, 'Ada 7 aqthab (awliya peringkat tertinggi) di Irak : Syekh Ma'ruf al Kurkhi, Syekh Imam Ahmad bin Hanbal RA, Syekh Bisyr al Hafi RA, Syekh Manshur bin Ammar RA, Sayyid Junaid al Baghdadi RA, Syekh Sahl bin Abdullah at Tustari RA, Syekh Adul Qadir al Jilani RA.
Ketika mendengar hal ini, Syekh Abu Muhammad RA yang merupakan murid Syekh Abu Bakr RA bertanya, 'Kami telah mendengar dan mengetahui 6 dari nama nama tersebut, tetapi kami belum pernah mendengar nama yang ketujuh. Wahai Syekh!, siapakah Abdul Qadir al Jilani?.' Syekh Abu Bakr berkata, 'Abdul Qadir akan terlahir sebagai non Arab. Dia akan lahir pada masa menjelang akhir abad kelima hijriah dan akan bermukim di Baghdad'. (Bahjatul Asrar)

SYEKH KHALIL AL BALKHI RA
Dia adalah seorang wali Allah besar dan telah meninggal sebelum masa al Ghauts al A'zham Syekh Abdul Qadir al Jilani RA. Suatu ketika, saat dia duduk bersama murid muridnya, dia berkata, 'Seorang hamba suci Allah akan muncul di Irak menjelang akhir abad kelima. Dunia akan diterangi oleh kehadirannya. Dia akan menjadi ghauts pada masanya. Makhluk Allah akan tunduk kepadanya dan dia akan menjadi penghulu awliya Allah (Adzkarul Abrar)

IMAM MUHAMMAD BIN SA'ID AZ ZANJANI RA
Dia menyatakan dalam karyanya yang terkenal Nuzhatul Khawathir, sebagai berikut ; 'Sejak masa Syekh Abu Ali Hasan Yasarajuwi RA hingga masa Syekh Abdul Qadir al Jilani RA, setiap wali yang muncul di bumi ini mengabarkan kedatangan serta kemulian al Ghauts al A'zham Syekh Abdul Qadii al Jilani RA (Nuzhatul Khawathir)

Tidak ada komentar: